[CAT'S STORY] Fetching February With Yin Yang Energy

Akhirnya Dongeng-Dongeng Senja Kala bisa masuk juga. Walau masih awil-awil di pojokan. Yah. Baru juga hari ke-3. Aku mikirin kelanjutannya aja ah

Kerasa nggak kalau akhir-akhir ini postingan blogku dipenuhi dengan GWP, GWP, GWP dan GWP? Seolah aku nggak punya hal menarik lain dalam hidup buat diceritakan saja. Hehehehe... Soalnya aku lagi semangat nulis di web itu sih. Apalagi karena aliansi ALTAIR yang kubentuk secara iseng-iseng rasanya jadi makin berkembang saja. Dalam jumlah anggota maksudnya. Sudah dua bulan aliansi terbentuk. Anggota resmi sudah mencapai 31 orang. Dan karena udah sepassion, mudah untuk jadi saling mengakrabkan diri. Semoga akan terus begitu.

Aku nggak nyangka kalau akhirnya aku bisa benar-benar "memulai sesuatu". Dari dulu aku selalu menjadi follower atau supporter. Di FLP aku bergabung dengan organisasi yang sudah besar. Ketika ikut UKMP (UKM Menulis) di kampus, organisasi itu juga sudah punya sejarah panjang. Begitu juga ketika ikut FPKM (Forum Kepenulisan di kotaku). Aku termasuk mereka yang pertama kali bergabung, tapi bisa dibilang, selain sebagai peserta yang rajin datang, kontribusiku belum terlalu berarti.

Ketika membaca buku feng shui, aku menemukan bahwa aku termasuk dalam golongan orang yang terlahir dengan energi YIN, energi pasif. Orang YIN akan menjadi supporter yang hebat, tapi dia tidak bisa memulai jalan yang baru. Dia hanya bisa mengikuti jalan yang dibuka oleh orang lain sebaik mungkin. Berbeda dengan orang YANG. Mereka sangat aktif dan agresif. Merekalah yang biasanya membuka jalan agar orang-orang di belakangnya bisa mengikutinya dengan mudah.

Well, dalam hal aliansi ALTAIR, aku tidak memulai segalanya dari sesuatu yang baru sih. GWP kan program dari penerbit GPU yang dirancang jadi website kepenulisan sekelas Wattpad. Aku berhasil mengumpulkan teman-teman atau 'Allies" dari website itu. Jadi bisa dibilang, aku mengikuti jalan yang sudah dibuka oleh GPU. Dalam perkembangannya, aku tidak menyangka bahwa aku bisa mempengaruhi sekitar 30 orang rekan untuk berdiri di sampingku. Aku membentuk sebuah forum penulis yang baru! Memang baru bergerak di dunia maya saja. Tapi ini adalah pencapaian yang tidak pernah bisa aku bayangkan.

Dalam pergaulan aku selalu menjadi orang yang mencolok, disukai, dan disayangi, tapi jarang diikuti. Paling maksimal yang bisa aku lakukan adalah mempengaruhi beberapa orang untuk mendukung orang yang aku ikuti. Tapi aku tak pernah benar-benar memainkan power game seperti ini sih.

Ternyata memang benar. Jika kau melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh, kau akan menemukan orang-orang di sekitarmu mulai menghargai apa yang kau lakukan. Pada akhirnya orang-orang itu akan mengikutimu juga kalau kau benar-benar yakin. Kuncinya bukan pada power game. Tapi lebih pada menarik simpati dan ketulusan hubungan antarmanusia itu.

Karena itulah sebagai bentuk penghargaan pada rekan-rekanku, aku membuat "buletin" ALTAIR:

Cover Buletin ALTAIR edisi Januari 2015. Sekaligus logo "resmi" buat grup. Edisi Perdana yang langsung mendapat sambutan. Setelah mempublish kumpulan review ini di GWP dan mendapat tanggapan super positif, aku langsung menyatukan teman-temanku dalam satu grup penulisan di FB.


Cover Buletin ALTAIR edisi Februari 2015. Edisi kedua. Khusus untuk mereview naskah-naskah genre romance. Ehem...



Postingan yang khusus kubuat untuk mereview kelebihan dan kekurangan naskah anggota aliansi secara terperinci. Lalu diposting di GWP. Seneng banget pas ada member non GWP jadi mupeng dan kepingin gabung karena ingin direview juga huahahaha. Nggak semua bisa gabung lho. Orang-orangnya benar-benar diseleksi. Kalau dia cuma ingin memanfaatkan ALTAIR, pasti kelihatan dari awal kok. Yang begitu nggak akan diterima dong. Aku senang bisa lajar banyak dari naskah-naskah yang kureview. Pada akhirnya semua itu kuterapkan kembali saat membuat naskahku sendiri.

Aku tahu bahwa berada di posisi Top 10 sama sekali bukan jaminan cerita-ceritaku akan diterbitkan GPU (sigh). Tapi aku berharap pada akhirnya editor di sana akan menyadari  passionku. Top 10 bukan jaminan, tapi itu adalah salah satu motivasi. Yang membuatku jadi semangat meneruskan cerita-ceritaku hingga selesai! Habis kalau nggak selesai apa yang mau diterbitkan dooong? >w< Huuh... Ya, Napoleon sendiri nggak menyangka bahwa para prajuritnya bisa memiliki semangat juang yang lebih berkobar hanya karena diiming-imingi sejumlah medali penghargaan. Top 10 itu medali sementara.

YES! Kali ini 50% anggota aliansi berhasil mendominasi Top 10. Ada aku, Rexa Strudel, Alantika Putri, J4nno, dan Christian Alexander. Masih teruuus dan teruuus merambat. Aku sendiri tiba-tiba meloncat ke posisi 3! Yeeey! J4nno sudah resmi bergabung di aliansi. Di TOP 10 itu aku sudah mengincar beberapa nama lagi untuk dimasukkan ke aliansi hohohoh. Setidaknya empat dari 5 sisanya, semuanya sudah main ke naskahku dan teman-teman aliansi yang lain juga. Kita lihat, kalau mereka tertarik gabung ke aliansi. Aku akan sangat senang!

Berikut ini aku kutip 5 prinsip utama penulis yang aku modifikasi dari komik BAKUMAN. Bakuman sendiri mengutip prinsip tersebut dari OTOKO NO JOUKEN (Requirements of A Man). Berikut 5 Prinsip Utama Author:

PERTAMA: JANGAN PERNAH membuat karya yang jelek. Kerahkan seluruh daya upaya di setiap ketikanmu!

KEDUA: JANGAN PERNAH mengejar popularitas semu.

KETIGA: Setinggi apa pun kamu berada, JANGAN PERNAH, merasakan keterikatan pada tempat itu. Antara topan badai dan kedamaian, pilihlah topan badai!

KEEMPAT: Apa pun yang terjadi, JANGAN PERNAH menangisi kekalahan. Kekalahan adalah pangkal keberhasilan.

KELIMA: Setelah menerapkan empat prinsip di atas, JANGAN PERNAH berpikir bahwa kamulah orang yang paling benar. Anggap semua orang sebagai GURU TEMPAT MENIMBA ILMU.

Selain itu, ada juga 3 Prinsip Utama Author Berhati Baja versi Bakuman:

PERTAMA: Jadilah BESAR KEPALA! Yakinkan dirimu bahwa kamu jauh lebih mahir dari lainnya. JANGAN PERNAH meremehkan diri sendiri dan cerita-cerita yang sudah kau buat dengan susah payah. Tapi pemikiran seperti itu jelas disimpan dalam kepala dan hati saja. Kalau diumbar, bisa-bisa nasibmu akan berakhir menyedihkan, sama seperti si Pagan Pemuja Bintang yang selalu kuceritakan itu. Terima semua kritikan dengan kepala dingin. Teruslah memperbaiki diri untuk membuktikan bahwa kamu memang yang terbaik.

KEDUA: Kerja keras. Latihan. Selesaikan satu tulisan setiap satu hari. Kualitas akan mengikuti di kemudian hari.

KETIGA: Nasib baik. Perlakukan orang-orang di sekitarmu dengan baik. Perbaiki hubunganmu dengan Tuhan. Kejar semua kesempatan yang ada di depan mata. Perihal nasib baik takkan lagi menjadi mitos. Menulis sama seperti bertaruh. Tak ada yang tahu kisah macam apa yang akan meledak. Mayoritas penulis tidak akan pernah menyangka kalau tulisannya jadi best seller. Lord of The Ring pada akhirnya berhasil diterbitkan karena dukungan seorang anak kecil yang ayahnya pemilik penerbitan. Harry Potter awalnya adalah cerita yang populer dari mulut ke mulut dan anak J.K. Rowlinglah yang menyebarkannya. Novel 5 cm tadinya ditolak penerbit. Setelah jadi best seller, kepala editor penerbit yang tadinya menolak 5 cm memarahi editor yang menolak novel tersebut.

Hasilkan sejuta tulisan dalam hidupmu. Salah satu di antaranya pasti akan jadi karya yang benar-benar meledak.

Ah... Februari. Banyak yang harus dilakukan. Salah satunya, aku harus menyelesaikan naskah untuk ikutan Kampus Fiksi Diva Press! Doakan aku berhasil ya!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment

Google+ Followers