[PUBLISHED WORK] ARJUNA IN LOVE (Published in Majalah Kawanku no 14/2007)


Alhamdulillah cerpen ini diterima di majalah KAWANKU no.14/2007. Ngirim pas SMA kelas 3, keterimanya pas kuliah hehehe... Ini ilustrasinya....

 Waktu itu, masih pakai nama pena "Kawaii Neko" ^_^


    

    Namaku Arjuna. Panggil saja Juna. Kalo kalian berpikir bahwa aku cowok, kalian salah besar! Ya, karena sebenarnya aku perempuan. Heran ya, kok cewek bisa punya nama dari salah satu ksatria Pandhawa, Arjuna, yang notabene laki-laki.

    Begini ceritanya, pas mamiku hamil, papiku pingin banget punya anak laki-laki. Biar punya teman main sepakbola katanya. Apalagi mendukung dengan mengatakan kalau detak jantungku keras banget kayak anak laki-laki. Ih, sok tau banget deh, padahal detak jantungku yang keras itu kan karena aku gregetan pingin segera keluar dari perut mami (he...he...). Yah, maklumlah, teknologi dulu kan belum secanggih sekarang yang bisa mendeteksi jenis kelamin janin dengan akurat. So, papi pun dengan semangat beli mobil-mobilan, robot-robotan, tamiya, pokoknya all about boy stuffs deh!

      Dan begitu aku lahir, eng ing eng... DUAR!!! (pake sound effect ah, biar lebih dramatis)

    Dokter muda yang membantu proses kelahiranku itu berkata dengan wajah sumringah, “Selamat, Pak. Bayi Anda pere....”

    “DOK, ANAK SAYA KOK GAK ADA 'ANU'NYA?!!” jerit papi begitu melihat wujud anaknya.

    “Maaf Pak, tapi anak Anda....”

    Papi memotong tak sabar, “Dokter ini gimana sih, masa 'anu' anak saya bisa ketinggalan di rahim?!! Trus masa depan anak saya gimana Dok, gimanaaa?!”

    “Maaf Pak, tapi dalam ilmu kedokteran tak ada anak perempuan normal yang ber'anu'!” tegas si Dokter gregetan.

     “A-anak s-saya pe-perempuan, Dok?!” Papi melongo bloon.

    “Yoi!” jawab si Dokter slengean. Papi langsung terkulai lemas.

    Well, apa boleh dikata. Nasi sudah menjadi bubur dan bubur sudah ditambahi kecap dan ayam, siap disantap. Aku yang terlanjur lahir gak mungkin dimasukin lagi ke perut buat diproses ulang. Akhirnya ortuku pun pulang dari rumah sakit dengan membawa bayi cewek imut dengan riang gembira. Papi pun akhirnya bisa menerima kenyataan kalo anaknya itu memang tak ber'anu' huahahuahaha.

    Biar begitu papi ngotot ngasih aku nama Arjuna. Katanya biar ntar gede aku jadi ganteng. Awalnya mami menentang, wong anak perempuan kok dikasih nama cowok? Tapi akhirnya mami pun mengalah dan menambahkan embel-embel 'wati' di belakang namaku pada akte kelahiranku. Biar masih ketauan kalo cewek, katanya. Seperti Wawan jadi Wati. Peragawan jadi peragawati. Aming jadi Amingwati. Perawan jadi perawat...LHO! Dan jadilah namaku Arjunawati.

    Waktu udah gede, banyak orang ketipu dengan wujudku. Dengan rambut potongan cepak, dada rata, kulit gosong karena terik sinar mentari, dan kaki besar berotot, hasil latihan sepak bola plus kulit yang jauh dari mulus dan penuh dengan bekas luka gara-gara sering jatuh waktu manjat pohon, siapa yang mengira kalau aku cewek?

    Udah gitu tingkah dan seleraku pun bener-bener mirip cowok. Saat anak-anak cewek yang lain pada main boneka, atau masak-masakan, aku justru lebih berminat pada sepak bola, main PS, atau main perang-perangan dengan teman-teman cowokku. Aku benci rok, dan lebih suka pakai celana, coz dengan begitu aku bisa jingkrak-jingkrak tanpa takut 'CD' ku bakal keliatan seperti waktu pake rok (pernah). Rambutku selalu dipotong cepak. Sikapku pun cuek, badung pula! Bahkan aku juga jago berkelahi lho!

    Kalau ada yang tanya, ‘Kamu tuh cewek atau cowok sih?’ Aku akan menjawab cuek, ‘Tau', cowek kali!’. Sepertinya ini karena papi selalu memperlakukan aku seperti anak cowok. Daripada dengan mami aku memang lebih dekat ama papi. Papi yang ngajarin aku manjat pohon, main layangan, sampai cara berantem segala. Biar jadi jagoan, kilah papi waktu mami protes. Soalnya gara-gara itu mami sering dikomplain ama tetangga yang anaknya sering aku jotos sampai nangis. Abis itu anak nyebelin banget sih! Masa aku sering dikatain tomboy? OK, aku memang cewek yang rada kecowok-cowokan, tapi aku kan bukan anak kuburan!!! (tomb =kuburan, boy = anak laki-laki, tomboy = artinya anak kuburan kan? Hehehe).

    Di sekolah, temanku juga kebanyakan cowok. Habis aku gak nyambung ama obrolan cewek-cewek yang isinya cuma seputar cowok, make up, dan GOSIP! Oh ya, untuk menyalurkan hobi sepak-menyepakku, aku bergabung dengan ekskul sepakbola. Karena gak ada sepakbola putri, aku terpaksa gabung sama anak-anak cowok, dan jadi anggota tim inti! Alhasil, mami pun makin mengelus dada waktu dara manisnya ini makin item, hehehe.

    Tapi biar badung aku narsis, eh biar badung aku masih tergolong anak manis. Kamsudnya aku ga pernah neko-neko, kayak ngerokok, 'make', nyuri, apalagi ngrampok. Aku juga ga pernah berpartisipasi dalam tawuran, walau masih hobi berantem (yee...).


    Lain aku, lain Andi. Andi Malarenggang lengkapnya, adalah nama sohib kentalku. Kami udah temenan sejak kecil, coz rumah kami juga masih sekompleks. Dari playgroup ampe sekarang udah SMA pun, aku selalu satu sekolah ama dia. Hih sampe bosen aku! Pas kecil, aku selalu ngelindungin dia kalo diganggu ama anak-anak lain. Bisa dibilang kalo dia tuh kebalikannya dari aku. Coz, walau cowok, Andi ini sisi femininnya yang justru lebih menonjol! Gayanya lemah lembut, pecinta damai alias ga pernah berantem, langsung histeris klo kecipratan lumpur, pokoknya gitu deh.

     Sst, tau gak julukannya di rumah? Sri! Sebenarnya nama aslinya tuh Srikandiwan Malarenggang loh! Tapi dia mati-matian merahasiakan nama itu dari teman-temannya. Malu, terlalu kecewekan, begitu alasannya. Lah, padahal dianya sendiri udah kecewekan?  Eh, jangan bilang-bilang kalo aku ngasih tau kalian ya? Bisa habis aku dicubitin ama dia, huahahaha!

     Kasusnya hampir mirip ama aku. Ceritanya ortunya sebenarnya udah bosen punya anak laki-laki, coz enam produk terdahulunya semuanya cowok (buset, subur banget yah!). So, waktu ibunya Andi ini hamil untuk yang ketujuh kalinya, doi berharap banget kalo anaknya itu bakal terlahir sebagai cewek. Ndilalah pas keluar, kok jadinya cowok lagi! Untuk mengobati kekecewaan, ibunya pun memberi nama bayi keempatnya itu seperti tokoh wayang cewek favoritnya, Srikandi. Biar masih berbau cowok, namanya pun di beri imbuhan 'wan', jadinya Srikandiwan (halah!) Sepertinya itu yang menyebabkan    si Sri eh, si Andi ini jadi feminin. Mungkin karena persamaan nasib, akhirnya aku pun dekat dengannya, hihihi.  Tapi wajahnya pun cantik banget. Gosipnya, sampe cowok pun banyak yang naksir loh! IH! (Tapi si Andi ini masih normal kok). Biar begitu Andi ini sahabatku yang paling manis, walau rada narsis. Yah namanya juga udah deket dari jaman playgroup. Di mana ada aku selalu ada dia. Kami selalu saling mendukung dan saling menghujat. Di sekolah kami dikenal sebagai The Weird Couple. Si Cewek Macho dan si Cowok Aduhai. Malah ada yang bilang kalo sebenarnya jiwa kami tuh ketuker!

    Seperti layaknya remaja-remaja yang lain aku pun akhirnya mengalami masa puber. Dimulai dengan munculnya menstruasi pertama, yang disertai dengan rasa nyeri di sekitar perut. Hari pertama, aku sampai gak bisa bangun dari tempat tidur saking nyut-nyutannya. Udah gitu aku ga bisa lagi jingkrak-jingkrak seenaknya coz takut tembus. Belum lagi harus ganti pembalut berkali-kali, mana jerawatan lagi! Ah repot amat sih jadi cewek!

****

PRIIIT! Untuk yang entah kesekian kalinya Pak Gondho, pelatih sepakbola di sekolahku yang kumis tebalnya mirip Mario Bross itu, menyemprit peluitnya dengan keras.

    “Junaaa! Saya kan sudah bilang berkali-kali! Fokus dong fokus! Kok hari ini  kamu loyo banget sih, kaya cewek aja! Ingat, kejuaraan daerah sudah makin dekat!” gelegar Pak Gondho.

    “Sorry Pak, tapi perut saya suakiiiit banget dari kemaren!” ujarku membela diri.

    Si Kumis itu cuma mencibir, “Halah banyak alasan aja, kayak cewek, kamu! Ya udah sana, istirahat di pinggir lapangan!” titahnya sambil memilin-milin kumisnya.

    Sambil bersungut-sungut, aku berjalan ke pinggir lapangan. Lagi-lagi perutku serasa ditusuk-tusuk! Sebel! Sebel! Sebel!

    Di bangku pinggir lapangan, Andi manyambutku dengan cengiran khasnya. Sebotol air mineral, yang disodorkannya langsung kutenggak abis dalam beberapa detik.

    “Jun, u denger nggak, apa kata Pak Gondho tadi? 'Kayak cewek'  katanya?!! Huahuahuahuaha!” Andi ngakak sampai nangis-nangis.

    “Tau, tuh orang. Udah dua tahun aku gabung sepakbola, masih gak nyadar-nyadar juga kalo aku cewek!” gerutuku.

    “Iyalah, mana ada cewek kasar, item, dekil, kaya u. Kakinya kaya tukang becak lagi!” godanya usil.

    Aku melotot, “Oh, pingin tau rasanya di-kick off ama tukang becak, hah!” semprotku sambil mengambil kuda-kuda.

     Andi sujud-sujud minta ampun, “ Hehehe, sorry Mas, eh Mbak!”

    “Eh, masih mending gue daripada elu, SRI!” teriakku keras, aku sengaja memberi penekanan pada kata 'Sri'. Alhasil, sedetik kemudian aku pun berlari-lari menghindari cubitan-cubitan maut yang dilancarkan oleh Sri.. eh Andi. Bukan karena sakit, tapi geli!

    Tiba-tiba sebuah bola menggelinding ke arahku. Sesosok tampan di tengah lapangan, melambaikan tangannya kepadaku. Jantungku langsung blar bler blor, (versi ekstrim dari dag dig dug). Mas Rangga!

     “Sorry Jun, tolong tendang ke sini dong!” pinta makhluk tampan itu sambil memamerkan senyum close-up-nya yang menyilaukan mata itu, CLING!

    “I-iyaaaaa!” Aku langsung menendang bola 'cinta' itu (huahahaha). Tapi ups! Gara-gara terlalu semangat, aku nendangnya terlalu keras! Bola pun melayang dengan kecepatan gila-gilaan bagai meteor ke arah Mas Rangga, dan... J-DHUAACK!!! Menghantam keras Mas Rangga yang langsung tumbang dengan gemilang. Tapi yang bikin aku makin panas dingin, bola itu menghantamnya tepat di...di.. DI...

    Seisi lapangan sontak heboh. Yang paling heboh tentu aja cewek-cewek pendukung Mas Rangga.

    “AWWW! Kau apakan Ranggakuu?!” jerit cewek-cewek itu.

    “Gila lu, Jun! Ini bukan syuting Shaolin Soccer tau!” omel temanku yang lain.

    “Iya, nih kalo dia sampai mandul gimana?!” semprot yang lainnya lagi.

    “Hebat, Jun! Dengan tendanganmu tadi kita bisa memenangkan kejuaraan nasional!” sorak Pak Gondho. Ya ampun, si kumis itu malah lebih peduli ama pertandingan sepakbola ketimbang nasib pemainnya?!

     “A-anu, M-mas Rangga...itu, mmh.., maap,” ucapku gemetar.

    You-You kill my brother,” cicit Mas Rangga setengah klenger.

    Andi menepuk-nepuk pundakku sambil nyengir kalem, “Nice shoot, Jun!”

    AAAAAAAAAARRRRRRRRRGGGGGGGGGGGGGGHHHHHHHH!!!

*****

    Hancur! Hancurlah sudah hidupku! Harapanku untuk PDKT dengan Mas Rangga, sama muskilnya dengan harapan mami agar aku jadi lebih feminin. Sudah seminggu setelah insiden bola itu terjadi. Aku sama sekali nggak berani muncul waktu latihan. Begitu bel pulang, aku langsung ngacir. Berusaha mati-matian menghindari Pak Gondho anak-anak sepakbola yang lain. Susahnya karena satu sekolah, aku pun harus kucing-kucingan dengan mereka. Telepon-telepon dari Pak Gondho dan teman-teman seekskul selalu kuabaikan. HP pun selalu kumatikan. Rasanya kayak dikejar-kejar penagih utang deh. (Eh, kok kayaknya terlalu hiperbolis yah?)

    Lama-lama menghindar terus capek juga sih, tapi mana berani aku menghadapi muka Mas Rangga setelah aku 'menghajar ...miliknya yang berharga'?! Dia pasti menganggap aku cewek yang sadis, anarkis, sarkastis, agraris, delelel...AARRRGGGGHHH! Bayangan akan peristiwa itu tak kunjung enyah dari otakku!!!

    “ANCUR! ANCUR! ANCUR! HUWEEEEEEEE!!!” Saking sutrisnya aku nangis bombay sekenceng-kencengnya di kamarku.

    Terdengar suara ketukan pintu bertubi-tubi dari luar kamar.    

    “Juna, ada apa, Sayang?! Ada masalah di sekolah, ya?!!” pekik mami dari luar.

    “HUWEEEEEEEEEEEEEEEEE (srroooth!)” jawabku.

    “Jun, hidup ini selalu dibumbui dengan masalah! Mau gak mau kita harus menghadapinya, Jun. Hadapi dengan tegar dong! Ah malu, Papi punya anak lembek!” sambung papi.

    “SEBODOOOOOO!!! (sruoootthh)”

    “Kalau ada masalah mbok ya cerita, papi mami pasti mau bantu. Ng, biar perasaan kamu lebih enak, gimana kalo kita mbetulin genteng?” bujuk papi.

    MBETULIN GENTENG? Jadi itu cara papi menghibur anaknya? DENGAN MBETULIN GENTENG?! Tangisku pun makin keras.

    Sunyi, sepertinya papi-mami udah nyerah deh. Tapi beberapa detik kemudian,  ketukan-ketukan itu kembali terdengar.

    “Juna, Andi dateng ngejenguk kamu lho, bukain pintunya dong, Sayang.” seru mami. Aku tetap acuh sampai beberapa menit kemudian.

    “Jun, biarin I come in dong, om dan tante udah go down kok, I mau ngomong masalah urgent nih!” seru Andi. Kemudian dia menggebrak-gebrak pintu kamarku, sambil nyanyi-nyanyi gak jelas. Mending kalo enak, bunyinya kaya kaleng sember tau!    

    Aaaarrrgghhhh! Nambahin stress aja!           

    Aku membuka pintu dengan kasar, “Berisik, gila! Ngapain sih pake dateng ke sini segala?!!” semburku.

    Andi mencibir, “U tuh yang gak sopan! Ada tamu bukannya disambut malah dikacangin. Eh bikinin minum kek, ato suruh masuk kek. I ke sini bukan untuk minta sumbangan!” sindirnya sambil nyengir. Habis itu tanpa dipersilahkan dia langsung nyelonong masuk. Asem! Ni anak belajar sopan santunnya di sekolah mana sih?!

    “Wuo, abis ada  perang smackdown yah di sini?!” solotnya mengomentari kamarku yang super berantakan. (Namanya juga lagi sutris, wajar dong kalo kamarnya berantakan? Huahaha)

    “Brisik, kalo ga mau bantu ngeberesin, mending mingkem deh!” sergahku. “Ngapain lo ke sini?!”

    U tuh yang ngapain. Yang lainnya pada training buat kejuaraan, eh u di sini enak-enak molor. Pake nangis-nangis segala lagi. Tuh liat your ingus belepotan. Mau akting orang stres u?!” Andi balas nyemprot.

    Aku melempar kepalanya dengan bantal keras-keras.

    “Ganas amat sih u?! Ah, I tau. U  pasti masih mikirin insiden waktu itu kan.? Alah  masalah sa'uprit gitu aja dipikirin?!” oloknya meremehkan.

    Aku melemparnya lagi dengan guling, “Buat kamu masalah sepele, buat aku ini serius banget tau?!” omelku sambil sesenggukan.

    Andi cuma menghela nafas sambil merapikan rambutnya yang berantakan kena lempar bantal, “Iya, iya I understand deh, serius amat sih?”

    “Hancur sudah, sekarang Mas Rangga pasti benci banget ama aku! Dia pasti nganggep aku cewek agraris!” isakku tersedu-sedu.

    “Anarkis maksud lo?!” ralat Andi sambil nyengir.

    “Sebodo!” sergahku. “Sekarang aku nggak tau mau ngomong apa kalau nanti ketemu dia. A-aku sudah menghancurkan 'masa depannya yang berharga'! Duuhhh!” Aku menghempaskan diri ke dipan.

    “Ga usah hiperbolis deh! Si Rangga, dah fine-fine aja tuh! Emang sih, awal-awal doi dateng pake sarung kaya abis sunat hehehe. But sekarang udah ga papa tuh. Malah sekarang doi udah bisa latihan lagi seperti biasa. Doi terus nanyain kabar u ke I. Katanya disuruh cepet-cepet nongol lagi,” jelas Andi panjang lebar.

    Aku terbangun dari kasur, “Really? Tapi tetep aja aku ga berani ngehadepin dia!”

    “Minta maaf aja, lagi. Gitu aja kok repot!” sergah Andi.

    “Ya tapi ngomongnya gimana?! Masa aku bilang gini 'Mas Rangga, sorry ya aku udah nendang 'anu'mu?'. Masa gitu!”

    Andi balas melempar kepalaku dengan bantal, “Ya nggak lah, stupid! Ah, I tau sekarang. U jadi panic gini coz u naksir dia kaaan? Hidih, ngaku aja lagi. Ternyata u bisa naksir juga ya? Kirain selama ini u cuma minat ngecengin bola sepak, hihihi!” ledeknya. Matanya yang bulat berkilat jahil.

    Aku melemparnya lagi dengan bantal, “Ya iyalah aku kan cewek normal, emang kamu kira aku apaan? Lesbong?!”

    Andi tergelak, “Ya udah sono, minta maaf ama Rangga. Biar u bisa PDKT lagi ma doi!”

    Aku melemparkan selimutku kepadanya, “Teori aja lebih gampang daripada praktek tau!” semprotku.

    “Ah, rumit amat. Tinggal bilang 'sorry' aja kok susah. Kalo masih ragu sogok aja pake cheesecake. Pasti dia langsung maafin kamu!” sergah Andi.

    Mataku membulat. “Cheesecake?”

    “Yoi, I udah selidiki apa favourite Mas Rangga dari cewek-cewek fans club-nya. Katanya sih, doi, doyan banget ama cheesecake!”

    “Serius lo, wah kalau gitu aku kudu beli cheesecake nih,” ujarku semangat. Hehehe ceritanya udah pulih nih.

    “Gak perlu! I dah buy one for u, nih,” tukasnya sambil memberikan sebuah kotak kue besar berisi cheesecake yang menggugah selera.

    Thanks, banget Andi! You’re really my best friend!” sorakku sambil meloncat memeluknya.

    “Ih, your ingus berlepotan tau. Jijik!” gerutunya sambil melepaskan pelukanku. Wajahnya merah padam.

    Aku memandangi kue itu dengan berbinar-binar. “You emang the greatest, Ndi!” pujiku sungguh-sungguh.”Wah aku harus balas budi nih, kamu maunya apa?”

    Dia memalingkan muka, “Gak perlu! U seneng aja udah enough for me!”

    “Hihihi, tumben lo baik, abis kesambet setan mana lo?”

    “Iya! Tuh setannya di depan gue!” balasnya.

    “Hehehe, sialan lo! OK deh, atas kebaikan lo, ntar ta'traktir baksonya Mat Somay sebulan penuh deh!” seruku kemudian.

    “OK! Awas aja kalo u boong. Eh I balik dulu yah, kudu nganterin adikku les nih. Besok u ikut training kan?” tanyanya sambil menuju pintu kamar.

    “OK BOSS!” seruku ceria.

    Sebelum keluar dari kamar, ia berbalik, “Kasian amat si Rangga, ditaksir ama cewek ga jelas kaya u!”

    Karena bantal, guling dan selimutku sudah kulemparkan semua, aku menyambitnya pake boneka tedi bear besar.

    Andi melompat menghindar sambil misuh-misuh, “Sekalian aja u lemparin tuh dipan ke I?!!”

    Aku menyambitnya lagi pake bola sepak.

     “Aww! Dasar cewek agraris!”

*****

    Begitu jam istirahat, aku langsung nyamperin Mas Rangga dengan sekotak cheesecake di tangan. Kusamperin di kelasnya, dia nggak ada. Aku pun mengubek-ubek seisi sekolah. Dia pasti sedang sembunyi untuk menghindari kepungan cewek-cewek fansclub-nya yang centil-centil itu. Buset, dah kayak artis aja ya dia? Hihihi.

    Ah, itu dia ada di belakang perpustakaan. Aku pun bersiap menghampiri 'target'. Tapi…lho kok Andi juga ada di situ? Ngapain tuh anak? Mas Rangga memang sedang ngobrol dengan Andi, mana kayaknya serius banget. Penasaran, aku pun mengendap-ngendap dan berusaha nguping dari balik semak-semak.

    “Jadi gimana, perasaan situ ama Juna?” tanya Andi. Hah! Ngomongin aku nih?

    “Ya biasa-biasa aja.” jawab Mas Rangga datar.

    “Biasa-biasa aja kok terus beramah-ramah ama dia?!”

    Mas Rangga tergelak. “Emang kalo aku ramah berarti harus 'suka' gitu?”

    “Tapi sepertinya Juna selalu serius ama perasaannya. Tolong jangan bikin dia nangis!” sergah Andi tajam.

    “Alah, apa bedanya dia dengan cewek-cewek ganjen lain yang sering ngejar-ngejar aku?!” kata Mas Rangga dengan sinis.

    Hatiku seperti dicabik saat mendengarnya. Andi langsung naik darah begitu mendengar hal itu. Ia mencengkeram kerah baju Mas Rangga, “Eh, situ kalo ngomong dijaga ya! Juna gak serendah itu tau!”

    Mas Rangga tersenyum aneh. “Hehehe, kamu memang sahabat yang baik ya? Kamu keliatan lebih manis kalo kaya gitu.”

    Andi terperangah, tiba-tiba Mas Rangga menyentakkan cengkeraman Andi lalu balik menyudutkannya ke tembok.

    “Biarpun yang ngomong kamu, aku nggak mungkin bisa suka sama Juna juga cewek-cewek lainnya,” bisik Mas Rangga lirih. Kemudian ia mendekatkan wajahnya ke wajah Andi hingga hidung mereka hampir bersentuhan. “Tahu kenapa? Karena dibandingin cewek-cewek itu aku lebih tertarik sama kamu! Kamu begitu manis dan...”

    Aku tak mendengarkan kelanjutan karena suara-suara seperti ledakan bom berdentum-dentum di kupingku. Aku benar-benar nggak nyangka kalau bakal begini jadinya. Ternyata di balik ketampanannya, di balik gaya coolnya, di balik sikapnya yang selalu ramah pada siapa saja, di balik sosoknya yang nyaris sempurna, ternyata Mas Rangga... Mas Rangga....

    Kotak kue berisi cheesecake yang tadinya mau kuberikan pada Mas Rangga kujatuhkan begitu saja. Aku langsung kabur dari tempat itu sebelum air mataku keburu menetes.

    “ARJUNA, TUNGGU!” pekik Andi yang langsung menyadari keberadaanku. “Minggir nggak lo?!” teriaknya pada Mas Rangga dan...BRUAKK! Andi menjotos Mas Rangga hingga ambruk. “Denger ya! Emang  I keliatan lembeng dan gak jantan, tapi I different ama u! En jangan pernah ndeketin I lagi, jijik tau!” Habis berkata begitu ia pun berlari meninggalkan Mas Rangga yang masih tercenung.

            *****

    Udah dong Jun, ngapain u buang-buang air mata?! Yang kaget tuh nggak cuma kamu, tahu?!” semprot Andi padaku. Kami ada di belakang sekolah sekarang. Bel masuk sudah berbunyi setengah jam yang lalu, tapi sebodo! Sekarang aku cuma pingin nangis dan nangis!

    Andi berjongkok di sampingku, “Sebenernya I udah denger desas-desus kalau doi... yah gitu lah. Cuma nggak ngira aja kalau ternyata gosip itu bener. Hehehe gak nyangka kan, cakep-cakep ternyata jeruk makan jeruk… Hiiii!” ia bergidik.

    Aku tetap nangis. Andi menyenggolku, “Tarik hikmahnya aja dong, Jun. Ini bukti kalo kita gak bisa judge the book by its cover!”

    Aku mengangkat kepalaku “Kenapa ya?” aku sesenggukan, “Nasibku apes banget. Sekalinya suka ama cowok, eh malah yang...” Aku terisak lagi. Andi masih diam mendengarkan. “Tapi harapanku juga kayaknya terlalu muluk deh. Mana mungkin cowok sekeren Mas Rangga bisa suka ama aku yang kasar, en ga feminin blas ini! Jangan-jangan seumur hidup nggak bakalan ada cowok yang suka ama aku.”

    “Gitu juga nggak apa-apa,” ujar Andi mengagetkanku. “Kalau nggak ada yang mau, aku bersedia kok nampung kamu,” katanya sambil memalingkan mukanya yang sudah merah padam.

    “Nampung? Emang kucing?!” Aku tergelak.

    “Serius nih. Aku janji akan berusaha lebih macho dan nggak letoy kaya sekarang. Aku bakal mulai fitness biar badanku nggak kalah keren ama Rangga. Kalau perlu aku bakal les karate, judo, tae-kwon-do, jujitsu, dsb, biar aku bisa ngelindungin kamu, trus trus....” lanjutnya.

    Aku melongo mendengar ucapan yang keluar dari mulut sahabatku ini. Nggak salah denger nih?

    Tiba-tiba Andi berdiri lalu berteriak sambil mengacak-acak rambutnya kaya orang frustasi. “Ahh! Sorry kalau aku ngomong yang aneh-aneh, lupakan aja ya!” Tanpa memandangku, ia menyodorkan sekotak cheesecake yang tadinya mau kuberikan untuk Mas Rangga. “Nih, makan! Enak aja! Dah dibeliin eh malah dibuang-buang?!!” semprotnya. Habis berkata begitu, Sri...eh Andi maksudnya, malah langsung berbalik hendak tancap gas. Tapi buru-buru aku langsung menahannya.

     “Eits! Mao ke mana lu! Enak aja langsung ngabur! Katanya cowok! Kok nggak tanggung jawab!!!” protesku.

    “Apa?”

    “Hei, janjimu udah kupegang loh!” kataku sambil menatapnya lekat-lekat.

    “APHAAAAAAAA?!”

    “Janji kalo kamu bakal ngelindungin aku itu lho! Awas ya kalo mangkir!” ancamku sambil tertawa.

    Andi menatapku dengan pandangan percaya nggak percaya. Kutatap balik wajahnya yang 'cantik' itu. Entah kenapa aku merasa orang yang kutatap ini bukan Andi yang lembeng seperti yang kenal, melainkan sosok yang lebih gagah dan macho! Betapa tololnya aku yang tidak menyadari perhatian yang selama ini selalu  ditumpahkannya kepadaku. Tapi kini aku tahu orang yang terpenting bagiku.

    Seulas senyum tersungging di bibirnya yang merah itu. Aku pun tersenyum.

    “Eh, Jun!” serunya tiba-tiba. “Ngomong-ngomong soal janji. Janji traktir baksonya Mat Somay selama sebulan  itu masih berlaku kan?”

    Aku sontak melepaskan pelukannya. " Lho, masih inget aja lu!" gerutuku, setengah tertawa.


END OF STORY ^ - ^

BY: KAWAII NEKO

Malang, 14 Juni 2006 



Ini cover dari majalah yang memuat cerpen Neko hehehe....



Oh ya, kayaknya nanti aku ingin melanjutkan cerita ini, tapi dengan konflik yang lebih dewasa. Arjuna dan Andi masih berpacaran dan bahkan sudah tunangan. Di cerita berikutnya mereka sudah jadi mahasiswa. Arjuna masih harus menghadapi stigma orang yang melihatnya aneh karena mau berhubungan serius dengan pemuda yang kemayu. Arjuna dan Andi cuma dua dari tokoh-tokoh lainnya. Nantinya cerita ini akan berpusat pada isu-isu gender. Hehehe, terinspirasi dari kedekatanku dengan organisasi KOJIGEMA tahun lalu.

Ngomong-ngomong kalau nggak ada aral-melintang ingin sekali rasanya Arjuna in Love kukomikkan. Kalau dibaca-baca, kebanyakan cerpenku sangat visual untuk dijadikan komik lho. Hmm semoga mimpi ini akan segera tercapai.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment