COGITO ERGO

Ketika kau menangis dan meminta jawaban kepada Tuhan, Tuhan akan memberikan semua jawaban kepada dirimu. Jawaban yang biasanya diberikan melalui proses pemikiran yang panjang dan berliku. Tangan-tangan takdir akan menuntun kita dengan sabar, bahkan walaupun kita sendiri yang akhirnya tidak sabar.

Jika kita benar-benar mengharapkan jawaban atas berbagai pertanyaan yang menyesakkan dada... Sungguh-sungguh dengan tulus mengharapkannya... Tuhan akan tersenyum dan menuntunmu ke arah jawaban-jawaban itu berada...

Seperti Yusha Evans... Tahukah kamu? Bahwa dia sudah mempelajari hampir semua agama yang ada? Bahkan sampai mempelajari Grimoire-Grimoire Wicca   (hebat...dan dia masih bisa tetap waras dan cerdas setelah memasukkan begitu banyak elemen ajaran di muka bumi!).... Proses pencarian yang sangat menggetarkan...


MANUSIA ADA UNTUK MENGADAKAN SESUATU. MANUSIA ADA SEBAGAI BUKTI KEADAAN ITU SENDIRI...

Kadang Tuhan menuntunmu kepada jawaban dengan cara-cara yang sangat misterius. Bisa dari seorang kyai pesantren, pendeta dan pastor, pedande Hindu, biksu Buddha, dan banyak lagi. Bahkan pertanyaan-pertanyaan kritis yang dilontarkan para agnostic dan atheis pun bisa membuatmu tergerak untuk mulai mengkaji lebih dalam makna-makna yang terkandung dalam kitab-kitab suci...

Memang harus ada pertanyaan dulu, baru ada jawaban. Dan karena itulah Tuhan membekali manusia dengan akal. Dan juga hati nurani. Salah satu dosen ternyentrik di jurusa saya pernah bilang "KEKUATAN SESUNGGUHNYA ADA DI TANGAN MEREKA YANG BERTANYA. BUKAN YANG BERUSAHA MENJAWABNYA. KARENA SANG PENANYA AKAN TERUS MENGENDALIKAN PIHAK YANG DITANYA"

Kali ini saya mungkin bisa tersenyum dan menimpali, "KEKUATAN SESUNGGUHNYA JUSTRU BERADA PADA ORANG-ORANG YANG BERUSAHA DENGAN SEPENUH HATI UNTUK MENCARI JAWABAN ATAS SEGALA PERTANYAAN. SELAMA PERTANYAAN TERSEBUT MASIH MUNGKIN DICARI JAWABANNYA."

Dan yakinlah...jika kita memang tulus dalam mencari... yang menunggu di ujung jalan adalah sesuatu yang manis. Bukan sekadar ketiadaan dan kehampaan. Cobalah untuk yakin... 


Aku ada karena aku harus ada. Aku ada karena Tuhan menakdirkan aku ada. Aku ada untuk membuat sesuatu harus ada. Aku ada untuk menemukan keberadaan. Dan karena aku ada di sini, kamu ada di sini, dia, mereka, kita ada di muka bumi ini...bagiku pribadi itu sudah cukup untuk membuktikan bahwa Tuhan itu ada.

Ahhh...hari ini rasanya syahadatku diperbarui lagi. Kepada semua yang sudah mendampingiku dalam proses pencarian hingga saat ini. Terimakasih... Dan pencarian ini nggak akan berakhir sampai aku mati. Setelah matipun pencarian ini akan kuwariskan kepada anak cucuku... Amin...


YAK! SEKARANG MULAI MENCARI! READ READ READ! READ OR DIE! NYAHAAA   
Previous
Next Post »
Thanks for your comment