[PUBLISHED WORK] MY SWEET ERROR GIRL (Published in Majalah Kawanku no. 28 Edisi 27 Agustus-10 September 2008)



      Alhamdulillah cerpen ini diterima di majalah KAWANKU no.28 27 Agst-10 Sep 2008. Hehehe...  Cerpen ketigaku yang berhasil dimuat di mass media. Ini ilustrasinya. 

     
Aku paling suka sama ilustrasi cerpenku yang ini. It's much better kalau dibandingin sama ilustrasi cerpen "Arjuna In Love" yang dimuat di majalah yang sama, setahun yang lalu. Iiih... Jadi pingin dimuat di majalah Kawanku lagi biar bisa diilustrasi ama ilustrator di atas; Oh ya waktu itu masih pakai nama pena "Kawaii Neko"
     


    Pagi itu Aries yang tengah asyik berpiknik di pulau kapuk, dikejutkan oleh dering telepon di samping tempat tidurnya. Setengah sadar ia melirik jam dinding bergambar wajah Michael Schumaker yang tergantung di tembok kamarnya. Duh, masih jam sembilan lagi, keluhnya dan ia pun kembali memeluk guling tersayangnya. Meneruskan mimpinya yang sempat disela. Mimpi jadi pembalap F1!

    Diacuhkannya telpon yang terus menjerit nyaring minta diangkat. Toh si penelpon, siapapun dia, akhirnya pasti bakalan nyerah juga. Lagipula siapa suruh menelepon pagi-pagi, hari Minggu lagi. Harusnya seisi dunia juga sudah tahu kalau hari Minggu adalah “Harmonas” alias Hari Molor Nasional buat Aries. Apalagi minggu-minggu terakhir ini adalah minggu penuh tugas di kampusnya. Biasa dosen-dosen lagi “mood”. Makanya Aries sudah bertekad tidak akan membiarkan hal sekecil apapun mengganggu tidur 'masa hibernasi'nya

    Namun, sepertinya si penelepon tak kunjung menyerah juga biar sudah lima menit dicuekin. Dan akhirnya, dengan emosi memuncak di ubun-ubun, Aries mengangkat telepon dan mendamprat si penelepon tak tahu adat itu.

    “Brengsek! Anj...”

    Aries urung memuntahkan kosakata bon-binnya, ketika menyadari suara lembut di seberang sangat familiar di telinganya. Jelas aja wong yang nelepon ternyata ceweknya sendiri!

    "Eh? Virgo nih? Oh..sorry...kupikir siapa. Nggak biasanya nelpon pagi-pagi. Napa Say?" nada suaranya langsung berubah mesra. Dasar Aries! Untuk urusan pacaran, sambil tidur pun masih bisa ngegombal. Padahal, matanya aja masih merem-melek.

    "Ries! Dia hilang, Ries!" jerit Virgo histeris.            

    "Siapa yang hilang?!" nyawa Aries yang tadinya masih mencar-mencar, langsung menyatu begitu mendengar sang pujaan hati dilanda masalah.           

    “Po-pokoknya dia hilang! Ries, cepetan ke sini ya, please!”

    “Iya....tapi siapa yang hilang Vir?! Jangan panik dulu dong. Minum air dulu sana biar tenang. Baru cerita!” Sepertinya Virgo menuruti anjurannya, karena setelah itu Aries mendengar bunyi “Glek”. Cewek itu pun terdengar lebih tenang.

    “Ahh...Aries (Hik) kamu ke rumahku sekarang, ya? (Hik) Please? PLEASE?!!”.

    “Tapi jelasin dulu! Siapa yang hilang?! Eyang putri ya?!”

    “(Hik) Bukan...”

    “Kalau begitu Eyang kakung?!” burunya lagi. Seingatnya kedua eyang Virgo itu memang hobi banget jalan-jalan tanpa bilang-bilang. Terakhir kali hilang, mereka ditemukan sedang tertidur di bangku alun-alun. Entah bagaimana pasangan lansia itu bisa sampai di sana. Maklumlah, sudah sepuh, pikunan lagi. Jadi rada error gitu.                  

    “Bu....bukan! (Hik hik hik!)” isak Virgo semakin menjadi.

    “Terus siapa? Bi Inem (pembantu Virgo)?” tanya Aries tambah ngawur.

    “(Hik) Cle....(Hik) Cleo!” jawab Virgo akhirnya.

    “Ooh...”Aries menarik nafas lega. Pikirnya siapa yang hilang. Tidak tahunya cuma kucing! Cleo atau lengkapnya Cleopatra Sastrowardoyo itu nama kucing persia kesayangan Virgo.

    “Kok, reaksinya cuma 'ooh' sih?!” protes Virgo dari seberang.

    Aries tergelak. “Lha emang aku harus gimana? Kamu tuh kucing ilang aja, reaksinya kaya ada bom meledak. Paling juga lagi Cleo asyik nge-date ma Julius Saputra!”

    Perhatian: Julius Saputra tuh nama kucing jantan yang sering ngapelin Cleo!

    “Cleo nggak ada sama Julius! Juliusnya malah lagi asyik ngelaba sama Tati Kamil!” sembur Virgo.

    Entah kucing yang mana lagi si Tati Kamil itu.

    “Ya ampun, Vir. Coba kamu cari lagi yang bener. Di kolong tempat tidur atau di dalam lemari kek! Belum-belum udah panik!” Aries menggelengkan kepalanya.


    Bukan sekali ini saja ia tahu Virgo dalam kondisi panic mode gara-gara 'Cleo hilang', 'Cleo lenyap', 'Cleo raib', dsb. Belum barang-barang yang lain seperti, pulpen, buku, sampai flashdisc dan HP!

    Kalau ada cewek yang panik karena kehilangan kacamata yang sebetulnya sedang bertengger di atas kepalanya...ya Virgo! Kalau ada yang bertanya ke sana ke mari mencari pulpen yang ternyata terselip dikupingnya... siapa lagi kalau bukan Virgo! Dan bukan hanya sekali- dua kali gadis itu kesasar sampai ke terminal waktu naik angkot gara-gara ketiduran!

    Ceroboh, pelupa, pikunan, error adalah kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan cewek satu itu. Meskipun kerap melakukan kesalahan-kesalahan yang unik, penampilan Virgo sama sekali jauh dari asal- asalan.

    Sebaliknya penampilan Virgo sangat rapi dan modis. Jadi dari luar, orang nggak bakalan menyangka kalo cewek secantik Virgo tuh  ternyata rada error. Sikapnya terhadap orang- orang di sekelilingnya juga cukup perhatian. Pendek kata, Virgo selalu berusaha menjaga perasaan orang- orang di dekatnya. Sikap itulah yang membuat Aries jatuh hati. Terlebih, Virgo pernah terpilih jadi mahasiswa teladan (bukan telatan lho!) di kampusnya. Sebagai pacar, tentu Aries berusaha memaklumi kekurangan cewek itu. Kekurangan Virgo ya cuma satu itu. P-E-L-U-P-A. Plus sifat mudah panik. Virgo adalah tipe orang yang panik duluan baru berpikir. Yang menjengkelkan kalau sudah kadung panik, dia hobi menyeret orang lain dalam kepanikannya. Well, that's all. Tapi sumpah ngerepotin banget!

     Berikut ini adalah analisa Wulan, sahabat baik Virgo, mengenai penyebab ke-error-an Virgo yang bisa dibilang sangat parah! “Sebenernya otak Virgo cuma kurang sedikit bagian. Sayangnya bagian yang nggak ada itu justru bagian yang paling penting!”

    Bahkan awal perkenalan mereka pun merupakan buah ke-error-an cewek itu.

*****

    PLAK! (Ceritanya flashback nih)

    Aries terbelalak. Cap tangan kemerahan tercetak jelas di pipi kanannya. Serasa mimpi. Pagi-pagi sudah dihadiahi 'tabokan manis'. Pelakunya cewek cantik lagi!

    “Jadi loe yang namanya Aries ya?!” bentak Virgo galak, matanya menyorot tajam segarang banteng Spanyol. Saat itu mereka masih belum saling mengenal.

    Karena masih shock, Aries cuma bisa mengangguk pelan.

       “Ooh, ini buaya jadi-jadian yang berani mainin sohib gue! Kurang ajar banget loe! Emang loe kecakepan apa sampe berani mainin cewek?! Denger ya, sekali lagi loe berani kurang ajar ama Wulan, gue laporin loe ke rektor biar di-DO! Loe tau nggak, bokapnya Wulan tuh Oom dari sahabat  tetangga kakak angkatnya Pak Rektor tau! Loe macem-macem, nasib loe bakalan sreeeet!” Virgo membuat gerakan memenggal leher dengan tangannya.

    Aries langsung berdiri dari kursinya. “Sori ya, Mbak!” Ia balas membentak. “Pertama, loe sudah nampar gue. Kedua, loe sudah bentak-bentak gue di depan umum. Ketiga, loe sudah nuduh gue yang nggak-nggak. Terakhir, loe sudah ngancem gue. Gini-gini gue anak hukum, tau! Loe bisa gue tuntut dengan tuduhan pencemaran nama baik dan perbuatan tidak meyenangkan!

    “Dan gue sama sekali nggak kenal sama yang namanya Wulan!” sergah Aries gusar.

    Namun, Virgo tetap tak gentar. “Oh, loe mau nuntut gue?! Ayo tuntut! Tuntut aja kalo berani! Loe nuntut, gue kentut sampai loe semaput! Dasar pengecut! Bau kecut!” semprotnya ganas. Padahal tingginya aja cuma sedada Aries.

    Mahasiswa lain mulai semakin banyak mengerumuni mereka. Bisik-bisik terdengar seperti dengung tawon. Sebagian terkikik. Mumpung ada tontonan gratis. Lumayan, itung-itung buat hiburan di tengah masa ujian yang menjemukan!

    Sebelum dua makhluk lain jenis itu mulai baku hantam, seorang cewek mungil bertampang polos meyeruak dari kerumunan. Tergopoh-gopoh ia langsung menghampiri dua orang yang sedang memancarkan aura peperangan itu.

    “Vir-vir! Aduh loe salah orang!” bisiknya panik.

    “M-maksud loe? Yang namanya Aries yang anak hukum tuh yang ini kan?” Virgo menunjuk Aries dengan panik. Hilang sudah sikap galak yang dipamerkannya beberapa menit yang lalu.

    “Ya ampun, Vir! Namanya memang sama-sama Aries, fakultasnya juga sama-sama hukum. Tapi yang gue maksud tuh Daniel Ariesta! Yang loe bentak-bentak ini mah, Aries Vega! Ketua BEM kita!”

    J-DHAR! Tampak kini Virgo benar-benar pucat. Diam-diam Aries tersenyum geli melihat perubahan yang terjadi pada cewek itu. Situasi berbalik. Sekarang dia yang berada di atas angin!

    “Y-yah... elo kalo cerita nggak jelas sih!”

    “Iih, enak aja! Elo itu yang langsung nyelonong sebelum gue sempat selesai cerita! Tapi berani juga lo nampar Ketua BEM!”

    “Oi! Trus yang ini gimana dong! Gara-gara loe nih!” Virgo mulai panik.

    Yee...kok malah nyalahin gue! Wong elo yang nampar! Makanya, lain kali kalo ada orang ngomong, dengerin dulu sampai selesai! Lagian lo katro amat! Bisa-bisanya nggak tahu Ketua BEMnya sendiri!” keluh temannya gregetan.

    “EHM!” Aries sengaja berdehem keras. Dua cewek itu langsung terdiam.

    “Sudah selesai berantemnya?”

    “Eh...?”

    “Jadi elo yang namanya Wulan? Cck, sohib loe ini sampai nampar gue gara-gara ngebelain elo!” Seru Aries dengan tampang digalak-galakkan.

    “Maaf, Kak....” Wulan cuma menunduk.

    “Dan elo!” Aries mendekati Virgo. “Loe masih mau ngelaporin gue ke Rektor biar gue di- DO?! Loe mau ngentutin gue sampai gue semaput? Hmmm...?”

    Semua orang langsung terbahak-bahak, sementara kedua cewek itu makin tertunduk.

    “M-maafin saya, Kak...”

     “Maaf? Loe udah nampar en mempermalukan gue di depan umum! Loe pikir ini bisa selesai cuma dengan 'maaf'?! Fiuh, enak banget ya?!”

    “S-saya akan lakuin apapun yang Kakak mau, asal Kakak mau maafin saya dan temen saya,” ujar cewek itu dengan nada bergetar. Mata Aries langsung berkilat.

    “Bener?”

    “I-iya...”

    “Kalo gue minta ditraktir di Restoran Prancis sebulan penuh gimana?”

    “(Glekh) OK!”

    “Kalo gue minta lo terjun ke sumur, loe tetep mau ngelakuin?”

    “(GLEEEKH!) Yaa... masak Kakak tega sih...”

    “Hmmm...” Aries sengaja berlagak mikir. “OK! Gue minta nomor HP loe!” Akhirnya ia mengeluarkan titah agungnya.

    Virgo terkesiap. Gitu doang? Kirain beneran mau disuruh terjun bebas ke sumur. “E-eh? Buat apa, Kak...?”

    “Cerewet loe! Katanya loe bakal nurutin apapun perintah gue! Sekarang gue minta nomor HP loe. Selanjutnya, loe kudu selalu standby kalo sewaktu-waktu gue lagi butuh elo! Awas kalo nggak!” gertak Aries. “Ato loe lebih kepingin masalah ini kita selesaikan di depan rektor, seperti kata loe tadi?”

    “E-eh iya iya!” Dengan panik Virgo menyebutkan nomor Hpnya  yang langsung dicatat Aries.

    “OK, makasih ya. Tunggu komando gue! Bye!” Aries pun berlalu. Virgo diam saja saat Aries menepuk kepalanya. Dalam hati Aries tersenyum puas. Cewek 'banteng' itu kini tunduk bagai kerbau dicocok hidungnya. Begitulah awal perkenalan mereka yang sempat diwarnai kesalahpahaman. Tapi well, pernah dengar istilah 'tersesat ke jalan yang benar'? Contoh kongkretnya aja, Colombus gak bakalan nemuin benua Amerika kalo dia nggak kesasar, coz aslinya doi kan pingin ke Hindia? Mau contoh yang lebih sederhana? Ya hubungan dua makhluk bernama Aries dan Virgo ini.

    Akhirnya, setelah lama saling sms-an en telpon-telponan, pada tanggal 13 malam Jumat Kliwon, diiringi kikikan khas Mbak Kuntil... maksudnya, di bioskop, di tengah-tengah berlangsungnya film Kuntilanak, Aries pun menyatakan isi hatinya pada Virgo. Tadinya reaksi Virgo malah menjerit ngeri. Bukan karena wajah Aries yang mirip  genderuwo (hehehe), tapi karena saat itu ia lebih konsen pada akting sang Kuntil di layar. Akhirnya, setelah Aries mengulangi pernyataannya, dengan senyum malu-malu kucing (emang senyum kucing kaya apa sih?), Virgo menyambut perasaan Aries. Seisi dunia serasa tersenyum pada Aries. Ia mencatat malam keramat itu sebagai hari paling bersejarah baginya. Karena setelah 20 tahun menjomblo, akhirnya ia punya pacar, sodara-sodara! Siapa bilang hari Jumat tanggal 13 itu sial? That was a perfect lucky Friday13th for him!

*****

    “Ries! Ries! Loe masih di sana kan?” teguran keras Virgo membuyarkan nostalgia Aries.

    “I-iya, Say. Ada apa?”

    “Kok masih nanya 'ada apa' sih? Jadi dari tadi pas gue ngomong, lo tidur ato gimana?! Pokoknya 5 menit lagi, loe harus nyampe di rumah gue! Bantu gue nyariin Cleo, daya penciuman loe kan tajem! Gue tunggu! Telat dari batas waktu, kita P-U-T-U-S!” omel Virgo.

     Aries langsung terkaget-kaget, “Apa, Vir?! 5 Menit?! Jangan bercanda! Rumah kita kan jauh! Paling cepat aja masih butuh 20 menit! Lagian aku kan belum mandi!”

    “Yup! Dan waktu kamu sekarang tinggal 4 menit!” desis Virgo tanpa belas kasihan.

    “WUAAAAAAAAA!” Dengan level kepanikan mencapai stadium 5, Aries langsung melesat menuju garasi dan menunggangi Tiger kesayangannya. Tanpa sempat cuci muka, gosok gigi, apalagi luluran.

*****

    Ting-Tong! Masih dengan nafas Senin-Kemis, Aries memencet bel rumah Virgo. Hubungannya dengan Virgo selamat! Tepat 5 menit! Dan itu dicapainya dengan perjuangan gila-gilaan. Tercatat 5 tong sampah terguling, 3 kucing keserempet, dan 1 tukang bakso terpaksa dilarikan ke rumah sakit gara-gara kena 'sun' Tigernya waktu ngebut tadi. Setelah ini dia pasti jadi buronan yang paling dicari-cari polisi lalu lintas!

    Kriiek... tak lama kemudian Virgo sendiri yang membukakan pintu dan... masih memakai piama!

    “Ries?” serunya berbinar. “Ngapain Minggu pagi ke sini? Kangen yaaaa?”

    Hampir step Aries mendengarnya, “Viiir? B-bukannya kamu tadi yang telpon aku sambil nangis-nangis. Nyuruh aku buru-buru ke sini?” tanya Aries ngeri. Perasaannya mulai gak enak.

    Virgo mengerutkan kening, “ Aku? Nelpon kamu? Nangis? Kapan? Iiih! Kamu amnesia ya?” Virgo terkikik tanpa dosa.

    “Cleo, ku-kucing kamu itu ilang kan?” tanya Aries was-was.

    Dan... meeoong, tiba-tiba yang dimaksud muncul dari sela-sela kaki Virgo! Menatapnya dengan angkuh, sekaligus merontokkan persendian Aries. Cowok itu lemas seketika. Sudah bisa dipastikan, lagi-lagi ia menjadi korban ke-error-an gadisnya!

    Senyum di wajah Virgo langsung lenyap. “Eh?! Siapa bilang Cleo ilang?! Loe jahat Ries! Masa loe doain Cleo ilang sih?! Keterlaluan! Sekarang juga kita P-U-T-U-S!” teriak Virgo. BLAM! Pintu dibanting tepat di depan hidung Aries.

    “TIIIIIDAAAAAKKK!” Aries menjerit pilu. Ia berlutut, meraung-raung, menggedor-gedor pintu sambil bercucuran air mata. Memohon-mohon untuk dibukakan pintu. Persis kaya adegan di film Ratapan Anak Tiri.  Sangat mengharukan, benar-benar menguras air mata!


    Eit! Salah kalo kalian kira cerita ini sudah berakhir begitu saja. Beberapa lama kemudian segerombolan manusia muncul di belakangnya, menyanyi dengan suara cempreng. Lho mereka kan Inge, Wulan Devon, dan masih banyak lagi teman-temannya?!

    Happy Birthday to You! Happy Birthday to You!” sorak mereka beramai-ramai.

    Dan belum habis semua kejutan itu, tiba-tiba pintu terbuka dan Virgo muncul, kali ini ia sudah berdandan dan memakai gaun putih cantik. Tangannya membawa sebuah kue tart besar yang menggiurkan, lilin merah berbentuk angka 23 bertengger manis di atasnya.

    Aries masih membeku, shock dengan semua itu. Tiba-tiba Virgo memeluknya lalu mengecupnya lembut (padahal Aries kan belon gosok gigi!). “Met ultah ya, honey. Sorry kalo aku bikin kamu jantungan. Tapi kamu suka kejutannya kan?” ujar Virgo sambil tertawa. Semua orang pun bersorak gaduh.

    “Ng... makasih, Say. Tapi siapa yang lagi ultah?” Aries celingukan seperti orang ling-lung.

    “Aduh Ries. Masa kamu bisa lupa sama ultah kamu sendiri? Kik kik kik” Virgo terkikik ala Sasha dari serial OB.

    “Tunggu!” pekik Wulan tiba-tiba. “Vir! Aries ultahnya beneran hari ini kan?!”

    “Iih! Wulan gimana sih. Ya iyalah!” Sergah Virgo yakin seyakin-yakinnya. “E-eh, bener kan Ries?” Kali ini nadanya terdengar sangat nggak meyakinkan!

    “Vir...” Ujar Aries gemetar, jantungnya sudah nggak kuat lagi menghadapi segala ke-error-an cewek itu hari ini. “Ultah gue... masih bulan depan.”

    “UPS! Kik kik kik. Ya maap! Kik kik kik.”

    GUBRAAAAKKK!!! GEDUMBRANG!!! PYAR!!! Wulan dan jamaahnya pun langsung pingsan dengan gemilang!

BY: KAWAII NEKO

Malang, 8 Mei 2007


 Ini cover majalah yang memuat karya Neko... vokalis Jonas Brother. Ca'em banget deh 



Ada hal yang menarik waktu cerpen ini dimuat. Seperti yang kamu lihat Virgo dan Aries dalam cerita di atas digambarkan sebagai mahasiswa, dimana Aries berasal dari Fakultas Hukum dan menjabat sebagai ketua BEM (Senat). Tapi, ketika cerita ini dimuat, editor Kawanku mengubah mereka berdua menjadi anak SMA, dan jabatan Aries "turun tingkat" menjadi Ketua OSIS! Huahahha...


Oh, aku baru ngeh kalau Kawanku ternyata buat konsumsi anak SMA (habis dulu Mbak-Mbak kosanku yang udah mahasiswi masih ngonsumsi Kawanku sih hehehe). Baik banget tuh editor, menyesuaikan ceritaku biar bisa dimuat di majalah ini. Thanks a lot! Ahaha...
  
Previous
Next Post »
Thanks for your comment